Hadis-Hadis Dha’if di Seputar Ramadhan (Bagian III)
Berdasarkan
unsur-unsur kaidah kesahihan-kedaifan hadis—sebagaimana telah disebutkan
sebelumnya—kita akan menganalisa beberapa contoh hadis yang berhubungan dengan
bulan Ramadhan dan shaum di bulan itu, sebagai berikut:
A. Doa
khusus menyambut Ramadhan
Hadis yang
berkaitan dengan doa tersebut terbagi menjadi dua macam:
Pertama,
dirangkaikan dengan bulan Rajab dan Sya’ban. Adapun redaksi hadisnya sebagai
berikut:
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا
فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ وَكَانَ يَقُولُ لَيْلَةُ
الْجُمُعَةِ غَرَّاءُ وَيَوْمُهَا أَزْهَرُ
Dari Anas
bin Malik, ia berkata, “Nabi saw. apabila masuk bulan Rajab, beliau berdoa, ‘Ya
Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban, dan berkahilah kami pada
bulan Ramadhan.’ Dan beliau berkata, ‘Malam Jumat itu indah dan siang harinya
bercahaya’.” HR. Abdullah bin Ahmad, Musnad Ahmad, IV:180, No.
hadis 2346.
Dalam
riwayat lain dengan redaksi:
إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي
رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
“Apabila
masuk bulan Rajab, beliau berdoa, ‘Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab
dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan’.” HR. Al-Bazzar, Musnad
Al-Bazzar, II:290, No. 6494, Ath-Thabrani,al-Mu’jam al-Awsath,
IV:189, No. 3939, Ad-Du’a:284, No. 911, Al-Baihaqi, Syu’ab
al-Iman, III:375, No. 3815,Ad-Da’wat al-Kabir, II:142, No. 529, Ibnu
Asakir, Mu’jam asy-Syuyukh:161, No. 309, Al-Mundziri, At-Targhib
wa at-Tarhib, II:393, No. 1852, Abdul Ghani al-Maqdisi, Akhbar
ash-Shalah:69, No. 127, Al-Khalal, Fi Fadha’il Syahr Rajab:45,
No. 1, Abu Nu’aim, Hilyah al-Awliya, VI:269
Kedudukan
Hadis
Meski
diriwayatkan oleh banyak mukharrij (pencatat dan periwayat
hadis), namun semua jalur periwayatan hadis itu melalui seorang rawi bernama
Za’idah bin Abu ar-Ruqad. Ia menerima dari rawi Ziyad bin Abdullah an-Numairi.
Dengan demikian, hadis di atas dikategorikan sebagai hadis gharib
mutlaq (benar-benar tunggal).
Hadis di
atas dhaif karena dua sebab:
Pertama,
rawi Za’idah bin Abu ar-Ruqad
Rawi
tersebut telah di-jarh (dikritik) oleh para ahli hadis, antara
lain:
§
Imam
al-Bukhari berkata, “Dia munkar al-Hadits” (Lihat, Tahdzib al-Kamal,
IX:272). Imam al-Bukhari berkata:
كُلُّ مَنْ قُلْتُ فِيْهِ مُنْكَرُ الْحَدِيْثِ لاَ
تَحِلُّ الرِّوَايَةُ عَنْهُ
“Setiap
orang yang aku katakan padanya, ‘munkar al-Hadits’ tidak halal meriwayatkan
hadis darinya” (Lihat, Ar-Raf’ wa at-Takmil fi al-Jarh wa at-Ta’dil:
208).
§
Abu Dawud
berkata, “Saya tidak mengenal khabarnya” (Lihat, Tahdzib al-Kamal,
IX:272).
§
An-Nasai
berkata, “Saya tidak tahu siapa dia” (Lihat, Tahdzib al-Kamal,
IX:272).
§
Adz-Dzahabi
berkata, “Dia dha’if.” (Lihat, Mizan al-I’tidal, II:65).
Kedua, rawi
Ziyad bin Abdullah an-Numairi
Rawi
tersebut telah di-jarh (dikritik) oleh para ahli hadis, antara
lain:
§
Ibnu Ma’in
berkata, “Pada hadisnya terdapat kedhaifan” (Lihat, Tahdzib al-Kamal,
IX:493).
§
Abu Hatim
berkata, “Hadisnya dicatat dan tidak dapat digunakan hujjah” (Lihat, Tahdzib
al-Kamal, IX:493).
§
Abu Ubaid
al-Ajiri berkata, “Saya bertanya kepada Abu Dawud tentangnya (Ziyad), maka ia
mendhaifkannya.” (Lihat, Tahdzib al-Kamal, IX:493).
§
Ibnu Hiban
berkata, “Dia keliru.” (Lihat, Tahdzib al-Kamal, IX:493).
§
Kata Ibnu
Hajar, “Ibnu Hiban menyebutkannya pula dalam kitab ad-Dhu’afa, dan ia berkata,
“Dia (Ziyad) munkar al-Hadits, meriwayatkan dari Anas sesuatu yang tidak
menyerupai hadis para rawi tsiqat. Dia ditinggalkan oleh Ibnu Ma’in.” (Lihat, Tahdzib
at-Tahdzib, III:378)
Penilaian
Para ulama Terhadap Hadis di atas:
Al-Baihaqi
berkata:
تفرد به زياد النميري وعنه زائدة بن أبي الرقاد قال
البخاري : زائدة بن أبي الرقاد عن زياد النميري منكر الحديث
“Ziyad
an-Numairi menyendiri dengan hadis itu, dan darinya diterima oleh Za’idah bin
Abu ar-Ruqad. Al-Bukhari berkata, ‘Za’idah bin Abu ar-Ruqad dari Ziyad
an-Numairi, munkar al-Hadits’.” (Lihat, Syu’ab al-Iman, III:375)
An-Nawawi
berkata:
وروينا في حلية الأولياء بإسناد فيه ضعف
“Dan kami
meriwayatkan dalam kitab Hilyah al-Awliya dengan sanad yang
padanya terdapat kedaifan.” (Lihat,Al-Adzkar:274)
Al-Haitsami
berkata:
رواه البزار وفيه زائدة بن أبي الرقاد قال البخاري منكر
الحديث وجهله جماعة
“Diriwayatkan
oleh al-Bazzar dan padanya terdapat rawi Za’idah bin Abu ar-Ruqad. Al-Bukhari
berkata, ‘Dia munkar al-Hadits’ dan dinilai majhul (tidak dikenal) oleh
sekelompok ulama.” (Lihat, Majma’ az-Zawa’id, II:165)
Al-Munawi
berkata:
وقال البخاري : زائدة عن زياد منكر الحديث وجهله جماعة
وجزم الذهبي في الضعفاء بأنه منكر الحديث
“Al-Bukhari
berkata, ‘Zaidah dari Ziyad munkar al-Hadits’ dan dinilai majhul (tidak dikenal)
oleh sekelompok ulama. Dan Adz-Dzahabi telah menetapkan dalam kitabnya adh-Dhu’afa bahwa
dia munkar al-Hadits.” (Lihat,Faidh al-Qadier, I:325)
Ahmad Syakir
berkata, “Isnaduhu dha’iefun (sanadnya dhaif).” (Lihat, Ta’aliq
‘Ala al-Musnad, IV:100)
Syekh
Syu’aib al-Arnauth berkata, “Isnaduhu dha’iefun (sanadnya dhaif).”
(Lihat, Ta’aliq ‘Ala al-Musnad, IV:180)
Kesimpulan
Hadis Pertama:
Hadis yang
berkaitan dengan doa menyambut Ramadhan yang dirangkaikan dengan bulan Rajab
dan Sya’ban kedudukannya dhaif dan tidak dapat dijadikan hujjah untuk
pengamalan.
Kedua, Tanpa
dirangkaikan dengan bulan Rajab dan Sya’ban
Doa khusus
menyambut bulan Ramadhan yang populer di sebagian kaum muslimin dengan redaksi:
اللّهُمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ
لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلاً
Sejauh
penelitian kami, hampir selama 15 tahun, redaksi di atas tidak didapatkan
sumber asalnya, sehingga tidak jelas riwayat siapa.
Adapun
redaksi yang ditemukan sumber dan periwayatnya adalah sebagai berikut:
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ : اللّهُمَّ سَلِّمْنِي
لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَتَسَلَّمْهُ لِي مُقَبَّلاً
Dari Ubadah
bin As-shamit: “Ya Allah, selamatkanlah aku untuk Ramadhan dan selamatkanlah
Ramadhan untukku dan terimalah ia untukku (sebagai) yang diterima.” HR.
Ad-Dailami, Al-Firdaws bi Ma’tsur al-Khithab, I:471, No. 1919
Dalam
penelusuran Ibnu Hajar redaksi hadis versi Ad-Dailami itu selengkapnya sebagai
berikut:
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ،
قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا هَؤُلاءِ
الْكَلِمَاتِ إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ يَقُولُ اللَّهُمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ
وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلا
Dari Ubadah
bin As-shamit, ia berkata, ”Rasulullah saw. mengajarkan kepada kami beberapa
kalimat apabila datang bulan Ramadhan, agar salah seorang di antara kami
mengucapkan: Ya Allah, selamatkanlah aku untuk Ramadhan dan selamatkanlah
Ramadhan untukku dan terimalah ia dariku (sebagai) yang diterima.” (Lihat, Al-Ghara’ib
al-Multaqathah min Musnad al-Firdaws Mimmaa Laisa fii al-Kutub al-masyhurah:589,
No. 614)
Sementara
At-Thabrani meriwayatkan dengan redaksi:
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ،
قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا هَؤُلاءِ
الْكَلِمَاتِ إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ أَنْ يَقُولَ أَحَدُنَا اللَّهُمَّ سَلِّمْنِي
مِنْ رَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلا
Dari Ubadah
bin As-shamit, ia berkata, ”Rasulullah saw. mengajarkan kepada kami beberapa
kalimat apabila datang bulan Ramadhan, agar salah seorang di antara kami
mengucapkan: Ya Allah, selamatkanlah aku dari Ramadhan dan selamatkanlah
Ramadhan untukku dan terimalah ia dariku (sebagai) yang diterima. HR.
At-Thabrani, Ad-dhu’a:284, No. 912
Abdul Karim
bin Muhammad al-Qazwini meriwayatkan pula dengan redaksi:
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ كَانَ
النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ يُعَلِّمُنَا
أَنْ نَقُوْلَ اللّهُمَّ سَلِّمْنَا لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ مِنَّا
وَتَسَلَّمْهُ مِنَّا مُتَقَبَّلاً
Dari Ubadah
bin As-shamit, ia berkata, ”Nabi saw. apabila datang bulan Ramadhan mengajarkan
kepada kami agar kami mengucapkan: Ya Allah, selamatkanlah kami untuk Ramadhan
dan selamatkanlah Ramadhan dari kami dan terimalah ia dari kami (sebagai) yang
diterima.” At-Tadwin fi Akhbar Qazwin, III:424
Ad-Dzahabi,
dalam menjelaskan rawi Ibnu Syaghabah Abu al-Qasim Abdul Malik bin Ali bin
Khalaf, mencantum hadis tersebut dengan redaksi:
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ كَانَ
النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا هؤلاءِ الْكَلِمَاتِ
إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ اللّهُمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ
وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلاً.
Dari Ubadah
bin As-shamit, ia berkata, ”Nabi saw. mengajarkan kepada kami beberapa kalimat
apabila datang bulan Ramadhan: Ya Allah, selamatkanlah aku untuk Ramadhan dan
selamatkanlah Ramadhan untukku dan terimalah ia dariku (sebagai) yang
diterima.” HR. Ibnu Syaghabah Abu al-Qasim, Siyar A’lam an-Nubala,
XIX:51, No. rawi 31
Kedudukan
Hadis
Meski
diriwayatkan oleh beberapa mukharrij (pencatat dan periwayat hadis) dengan
redaksi yang berbeda, namun semua jalur periwayatan hadis itu melalui seorang
rawi yang popular disebut Abu Ja’far ar-Razi, dari Abdul Aziz bin Umar bin
Abdul Aziz, dari Shalih bin Kaisan, dari Ubadah bin as-Shamit.
Dengan
demikian, hadis di atas dikategorikan sebagai hadis gharib mutlaq (benar-benar
tunggal).
Hadis di
atas dhaif dengan sebab kedaifan Abu Ja’far ar-Razi, namanya Isa bin Abu Isa
Mahan. Dia didaifkan oleh para ahli hadis, antara lain: Al-Fallas berkata, “Dia
buruk hafalan”. Abu Zur’ah berkata, “Sering ragu-ragu (dalam meriwayatkan)”
(Lihat, Al-Mughni fid Dhu’afa, II:500)
Penilaian
Para ulama Terhadap Hadis di atas:
Syekh
Syu’aib al-Arnauth berkata:
إسناده ضعيف لضعف أبي جعفر الرازي، واسمه عيسى بن ماهان،
قال ابن المديني: كان يخلط، وقال يحيى: كان يخطئ، وقال أحمد: ليس بالقوي في
الحديث، وقال أبو زرعة: كان يهم كثيرا، وقال ابن حبان: كان ينفرد بالمناكير عن
المشاهير، قلت: وهو راوي حديث أنس: ما زال رسول الله يقنت في صلاة الصبح حتى فارق
الدنيا.
”Sanadnya
dha’if karena kedhaifan Abu Ja’far ar-Razi, namanya Isa bin Mahan. Ibnu
al-Madini berkata, ’Dia rusak (hapalannya).’ Yahya bin Ma’in berkata, ”Dia
keliru.’ Ahmad berkata, ’Dia tidak kuat dalam hadis.’ Abu Zur’ah berkata, ’Dia
banyak waham.’ Ibnu Hiban berkata, ’Dia menyendiri dengan riwayat-riwayat
munkar dari rawi-rawi masyhur.’ Menurut saya, ’Dia rawi hadis Anas, ’Rasulullah
saw. tidak henti-hentinya qunut pada salat subuh hingga meninggal dunia’.”
Lihat, Tahqiq Siyar A’lam an-Nubala, XIX:51)
Kesimpulan
Hadis Kedua:
Hadis yang
berkaitan dengan doa menyambut Ramadhan tanpa dirangkaikan dengan bulan Rajab dan
Sya’ban kedudukannya dhaif dan tidak dapat dijadikan hujjah untuk pengamalan.
Karena itu,
kami berkesimpulan bahwa dalam menyambut kedatangan bulan Ramadhan tidak
disyariatkan berdoa secara khusus.
Oleh Ust. Amin Saefullah Muchtar
Oleh Ust. Amin Saefullah Muchtar
Tidak ada komentar