Pemaknaan Hadis Shalat Tarawih 4 Rakaat (Bagian I)
Setiap kali
memasuki bulan Ramadhan, tak terkecuali Ramadhan tahun ini, banyak pertanyaan
yang disampaikan kepada kami baik dari jamaah online (OL) atau Facebooker
maupun offline (di masjid dan majelis taklim). Pertanyaan itu pada umumnya
dipacu oleh munculnya fatwa dari sebagian mubalig atau asatidz, baik “di darat”
maupun “di udara” bahwa shalat tarawih 4+4 itu dilakukan dengan salam pada
setiap 2 rakaat. Sehubungan dengan itu, makalah yang disajikan pada forum ini
semoga dapat dijadikan bahan perbandingan:
Redaksi
& Takhrij Hadis Aisyah
Ummul
Mukminin Aisyah pernah ditanya oleh Abu Salamah bin Abdurahman:
كَيْفَ كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى رَمَضَانَ، قَالَتْ مَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيدُ فِى رَمَضَانَ وَلاَ فِى غَيْرِهِ عَلَى
إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ
وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ
وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى ثَلاَثاً، قَالَتْ عَائِشَةُ فَقُلْتُ يَارَسُولَ
اللهِ، أَ تَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوتِرَ؟ قَالَ يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ
تَنَامُ وَلَمْ يَنَمْ قَلْبِي
“Bagaimana
salat Rasulullah saw. pada malam bulan Ramadhan ? Ia (Aisyah) menjawab,
’Tidaklah Rasulullah saw. menambah pada bulan Ramadhan, (juga) pada bulan yang
lainnya, dari sebelas rakaat. Beliau salat empat rakaat, dan engkau jangan
bertanya tentang baik dan panjangnya, beliau salat (lagi) empat rakaat, dan
jangan (pula) engkau bertanya tentang baik dan panjangnya, kemudian beliau
salat tiga rakaat. Aisyah berkata, ‘Aku bertanya wahai Rasulullah ! Apakah
engkau tidur sebelum witir ? Beliau menjawab, ’Hai Aisyah, sesungguhnya kedua
mataku tidur, tapi hatiku tidak tidur’.”
Keterangan
Abu Salamah bin Abdurahman di atas kita peroleh melalui jalur yang sama, yaitu
Malik bin Anas. Ia menerima dari Sa’id bin Abu Sa’id al-Maqburi. Ia menerima
dari Abu Salamah bin Abdurahman.
Dari Malik,
hadis itu diriwayatkan oleh 15 orang rawi:
1.
Abdurrahman
bin Mahdi (HR. An-Nasai, As-Sunan al-Kubra, I:165, No. 412; I:174,
No. 453; Ahmad, Musnad Ahmad, VI:36, No. 24.119)
2.
Ishaq bin
Isa (HR. Ahmad, Musnad Ahmad, VI:73, No. 24.490)
3.
Abu Salamah
Manshur bin Salamah al-Khuza’I (HR. Ahmad, Musnad Ahmad, VI:104,
No. 24.776)
4.
Abdullah bin
Yusuf (HR. Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari, I:248, No. 1147)
5.
Ismail bin
Abu Uwais (HR. Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari, I:417, No. 2013;
Al-Baihaqi, As-Sunan al-Kubra, II:495, No. 4798 bersama rawi lain,
yaitu Yahya bin Yahya)
6.
Abdullah bin
Maslamah al-Qa’nabi (HR. Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari, II:310, No.
3569; Abu Dawud, Sunan Abu Dawud, II:40, No. 1341; Al-Baihaqi, As-Sunan
al-Kubra, VII:62, No. 13.164 bersama rawi lain, yaitu Yahya bin Yahya; Ibnu
al-Mundzir, Al-Awsath, VIII:77, No. 2535)
7.
Yahya bin
Yahya (HR. Malik, al-Muwatha’, I:121, No. 263; Al-Baihaqi, As-Sunan
al-Kubra, VII:62, No. 13.164 bersama rawi lain, yaitu Abdullah bin Maslamah
al-Qa’nabi)
8.
Ma’an bin
Isa (HR. At-Tirmidzi, Sunan At-Tirmidzi, II:302, No. 439)
9.
Abdurrahman
bin al-Qasim (HR. An-Nasai, As-Sunan al-Kubra, I:160, No. 393, Sunan
an-Nasai, III:234, No. 1697)
10.
Qutaibah bin
Sa’id (HR. An-Nasai, As-Sunan al-Kubra, I:160, No. 395, I:446, No.
1421)
11.
Abdullah bin
Wahab (HR. Ibnu Khuzaimah, Shahih Ibnu Khuzaimah, I:30, No. 49,
II:192, No. 1166; Ath-Thahawi, Syarh Musykil al-Atsar, I:282; Abu
‘Awanah, Musnad Abu ‘Awanah, II:59, No. 2304, No. 3052)
12.
Ahmad bin
Abu Bakar (HR. Ibnu Hiban, Shahih Ibnu Hiban, VI:186, No. 2430)
13.
Bisyr bin
Umar az-Zahrani (HR. Ishaq bin Rahawaih, Musnad Ishaq bin Rahawaih,
II:556, No. 1130)
14.
Abdurrazaq
(HR. Abdurrazaq, al-Mushannaf, III:38, No. 4711)
15.
Abu Mus’ab
(HR. Al-Baghawi, Syarh as-Sunnah, IV:4-5, No. 899)
Keterangan
Abu Salamah di atas diriwayatkan pula melalui jalur lain sebagai berikut:
Pertama,
riwayat Muslim dengan sanad Amr an-Naqid, Sufyan bin Sufyan, dari Abdullah bin
Abu Labid, dari Abu Salamah.
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِى لَبِيدٍ سَمِعَ أَبَا
سَلَمَةَ قَالَ أَتَيْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ أَىْ أُمَّهْ أَخْبِرِينِى عَنْ صَلاَةِ
رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-. فَقَالَتْ كَانَتْ صَلاَتُهُ فِى شَهْرِ
رَمَضَانَ وَغَيْرِهِ ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً بِاللَّيْلِ مِنْهَا رَكْعَتَا
الْفَجْرِ.
Dari
Abdullah bin Abu Labid, ia mendengar Abu Salamah berkata, “Saya mendatangi
Aisyah, lalu saya berkata kepada Aisyah, ‘Ibu, kabarkanlah kepadaku mengenai
salat Rasulullah saw.’ Aisyah berkata, ‘Salat beliau di waktu malam pada bulan
Ramadhan dan selainnya sama tiga belas rakaat, termasuk di dalamnya dua rakaat
fajar’." HR. Muslim, Shahih Muslim, I:510, No. 738
Kedua,
riwayat Ahmad dengan sanad Sufyan, dari Ibnu Abu Labid, dari Abu Salamah
عَنْ أَبِي سَلَمَةَ قُلْتُ لِعَائِشَةَ أَيْ أُمَّتْ
أَخْبِرِينِي عَنْ صَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَتْ كَانَتْ صَلَاتُهُ فِي رَمَضَانَ وَغَيْرِهِ سَوَاءً ثَلَاثَ عَشْرَةَ
رَكْعَةً فِيهَا رَكْعَتَا الْفَجْرِ قُلْتُ فَأَخْبِرِينِي عَنْ صِيَامِهِ
قَالَتْ كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ صَامَ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ
أَفْطَرَ وَمَا رَأَيْتُهُ صَامَ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ فِي شَعْبَانَ
كَانَ يَصُومُهُ إِلَّا قَلِيلًا
Dari Abu
Salamah, saya pernah berkata kepada Aisyah, "Ibu, kabarkanlah kepadaku
mengenai salat Rasulullah saw." Aisyah berkata, "Salat beliau di
bulan Ramadhan dan selainnya sama tiga belas rakaat, termasuk di dalamnya dua
rakaat fajar." Lalu saya berkata, "Kabarkanlah kepadaku mengenai
shaum beliau!" (Aisyah) berkata, "Beliau rajin bershaum hingga kami
mengatakan seolah-olah beliau tidak pernah berbuka dan beliau juga rajin berbuka
hingga kami katakan seolah-olah beliau tak pernah shaum. Saya tidak pernah
melihat beliau shaum lebih sering pada suatu bulan dari pada shaumnya di bulan
Syaban, beliau terus melakukan shaum di bulan itu kecuali sedikit hari saja
yang tidak." HR. Ahmad, Musnad Ahmad, VI:39, No. 24.162
Ketiga,
riwayat Ibnu Khuzaimah dengan dua sanad (1) Abu Hasyim Ziyad bin Ayub, (2)
Abdul Jabar bin al-‘Ala. Keduanya dari Sufyan, dari Ibnu Abu Labid, dari Abu
Salamah.
عَنِ ابْنِ أَبِي لَبِيدٍ سَمِعَ أَبَا سَلَمَةَ يَقُولُ
: سَأَلْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ : أَيْ أُمَّهْ أَخْبِرِينِي عَنْ صَلاَةِ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِاللَّيْلِ فَقَالَتْ : كَانَتْ
صَلاَتُهُ بِاللَّيْلِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ وَفِيمَا سِوَى ذَلِكَ ثَلاَثَ
عَشْرَةَ رَكْعَةً
Dari Ibnu
Abu Labid, ia mendengar Abu Salamah berkata, “Saya pernah berkata kepada
Aisyah, ‘Ibu, kabarkanlah kepadaku mengenai salat Rasulullah saw. Di waktu
malam.’ Aisyah berkata, ‘Salat beliau di waktu malam, pada bulan Ramadhan dan
selainnya tiga belas rakaat’.” HR. Ibnu Khuzaimah, Shahih Ibnu
Khuzaimah, III:341, No. 2213
Keempat,
riwayat Abu Ya’la dengan sanad al-Abbas bin al-Walid an-Narsi, dari Sufyan bin
Uyainah, dari Ibnu Abu Labid, dari Abu Salamah.
عَنِ ابْنِ أَبِي لَبِيدٍ سَمِعَ أَبَا سَلَمَةَ
يَقُولُ : أَتَيْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ : أَيْ أُمَّهْ أَخْبِرِينِي عَنْ صَلاَةِ
رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم ، فَقَالَتْ : كَانَتْ صَلاَتُهُ بِاللَّيْلِ
فِي شَهْرِ رَمَضَانَ وَفِيمَا سِوَى ذَلِكَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنْهَا
رَكْعَتَا الْفَجْرِ قُلْتُ : أَخْبِرِينِي عَنْ صِيَامِهِ قَالَتْ : كَانَ
يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ : قَدْ صَامَ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ : قَدْ
أَفْطَرَ وَلَمْ أَرَهُ صَامَ مِنْ شَهْرٍ قَطُّ أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ
مِنْ شَعْبَانَ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ
إِلاَّ قَلِيلاً.
Dari Ibnu
Abu Labid, ia mendengar Abu Salamah berkata, “Saya mendatangi Aisyah, lalu saya
berkata, ‘Ibu, kabarkanlah kepadaku mengenai salat Rasulullah saw.’ Aisyah
berkata, "Salat beliau di waktu malam, pada bulan Ramadhan dan selainnya
tiga belas rakaat, termasuk di dalamnya dua rakaat fajar." Lalu saya
berkata, "Kabarkanlah kepadaku mengenai shaum beliau!" (Aisyah)
berkata, "Beliau rajin bershaum hingga kami mengatakan seolah-olah beliau
tidak pernah berbuka dan beliau juga rajin berbuka hingga kami katakan
seolah-olah beliau tak pernah shaum. Saya tidak pernah melihat beliau shaum
lebih sering pada suatu bulan dari pada shaumnya di bulan Syaban, beliau terus
melakukan shaum di bulan itu kecuali sedikit hari saja yang tidak." HR.
Abu Ya’la,Musnad Abu Ya’la, VIII:273, No. 4860
Keempat,
riwayat Al-Humaidi dengan sanad Sufyan bin Uyainah, dari Ibnu Abu Labid, dari
Abu Salamah.
ثنا عبد الله بن أبي
لبيد وكان من عباد أهل المدينة قال سمعت أبا سلمة بن عبد الرحمن يقول دخلت على
عائشة فقلت أي أمه أخبريني عن صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم بالليل وعن صيامه
فقالت كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصوم حتى نقول قد صام ويفطر حتى نقول قد
أفطر وما رأيته صائما في شهر قط أكثر من صيامه في شعبان كان يصومه كله بل كان
يصومه إلا قليلا وكانت صلاته بالليل في رمضان وغيره ثلاث عشر ركعة منها ركعتي
الفجر
Dari
Abdullah bin Abu Labid, dan ia termasuk ahli ibadah di antara penduduk Madinah,
ia berkata, ‘Saya mendengar Abu Salamah bin Abdurrahman berkata, ‘Saya mendatangi
Aisyah, lalu saya berkata kepada Aisyah, ‘Ibu, kabarkanlah kepadaku mengenai
salat Rasulullah saw. Di waktu malam dan mengenai shaum beliau’ Aisyah berkata,
‘"Rasulullah saw. rajin bershaum hingga kami mengatakan seolah-olah beliau
tidak pernah berbuka dan beliau juga rajin berbuka hingga kami katakan
seolah-olah beliau tak pernah shaum. Saya tidak pernah melihat beliau shaum
lebih sering pada suatu bulan dari pada shaumnya di bulan Syaban, beliau terus
melakukan shaum di bulan itu kecuali sedikit hari saja yang tidak. Dan salat
beliau di waktu malam pada bulan Ramadhan dan selainnya tiga belas rakaat,
termasuk di dalamnya dua rakaat fajar’." HR. Al-Humaidi, Musnad
Al-Humaidi, I:92, No. 173
Dengan
demikian, keterangan Abu Salamah di atas diriwayatka pula melalui jalur lain,
yaitu Sufyan bin Uyainah, dari Abdullah bin Abu Labid, dari Abu Salamah
Penjelasan
Hadis:
A. Rawi Abu
Salamah bin Abdurahman bin Awf
Para ulama
berbeda pendapat tentang nama asli Abu Salamah. Sebagian berpendapat namanya
Abdullah. Sedangkan menurut yang lain, namanya Ismail.
Oleh para
ulama Abu Salamah dikategorikan sebagai thabaqat tabi’in (generasi) wushtha,
yaitu generasi para rawi setelah sahabat yang wafat pada tahun 90-an hingga 198
H. Ia dilahirkan pada tahun 20 H lebih dan wafat tahun 94 H. di Madinah pada
masa kekhalifahan al-Walid, pada usia 92 tahun. Namun menurut al-Waqidi, ia
wafat tahun 104 H, dalam usia 72 tahun. (Lihat, Siyar A’lam an-Nubala,
IV:287-290)
Abu Salamah
termasuk salah seorang di antara tujuh ahli fiqih (al-fuqaha as-Sab’ah)
di Madinah, bendaharawan hadis di kalangan tabiin. Ia banyak menerima hadis
dari sejumlah tokoh sahabat, antara lain Aisyah.
B. Matan
Hadis
Di dalam
matan hadis itu disebutkan bahwa Abu Salamah bertanya kepada Aisyah. Kata tanya
yang digunakannya adalah kaifa (bagaimana), sementara masalah
yang ditanyakan adalah:
كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى رَمَضَانَ
“Salat
Rasulullah saw. pada malam bulan Ramadhan”
Dalam
menjelaskan bentuk pertanyaan ini, Imam al-Baji berkata:
قَوْلُهُ كَيْفَ كَانَتْ صَلَاةُ رَسُولِ اللَّهِ صلى
الله عليه وسلم فِي رَمَضَانَ يَحْتَمِلُ السُّؤَالُ عَنْ صِفَةِ صَلَاتِهِ وَهُوَ
الْأَظْهَرُ مِنْ جِهَةِ اللَّفْظِ وَيَحْتَمِلُ أَنْ يَكُونَ ذَلِكَ سُؤَالًا
عَنْ عِدَّةِ مَا يُصَلِّي مِنْ الرَّكَعَاتِ يَدُلُّ عَلَى ذَلِكَ جَوَابُ
عَائِشَةَ مَا كَانَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى
عَشْرَةَ رَكْعَةً فَأَجَابَتْهُ بِالْعَدَدِ ثُمَّ أَتْبَعَتْ ذَلِكَ الصِّفَةَ
عَلَى مَا يَأْتِي فِي الْحَدِيث وَقَدْ تَأْتِي كَيْفَ بِمَعْنَى كَمْ
“Perkataannya
(Abu Salamah): ‘bagaimana salat Rasulullah di bulan Ramadhan’ pertanyaan itu
mengandung makna tentang sifat atau kaifiyat salat beliau, dan makna ini yang
lebih jelas dilihat dari aspek lafal. Dan dapat pula mengandung makna tentang
jumlah rakaat salat. Pemaknaan itu diperoleh dari jawaban Aisyah, ‘’Tidaklah
Rasulullah saw. menambah pada bulan Ramadhan, (juga) pada bulan yang lainnya,
dari sebelas rakaat.’ Makai a menjawabnya dengan jumlah. Selanjutnya ia
menyertakan sifatnya sebagaimana diterangkan dalam hadis itu. Dan
terkadang kata kaifa bermakna pula kam (berapa).”
(Lihat, Al-Muntaqa Syarh al-Muwatha, I:227)
Adapun dalam
menjelaskan maksud pertanyaan itu, Imam al-Baji berkata:
وَإِنَّمَا قَصَرَ السُّؤَالَ عَلَى رَمَضَانَ لِمَا
رَأَى مِنْ الْحَضِّ عَلَى صَلَاةِ رَمَضَانَ فَظُنَّ لِذَلِكَ أَنَّ النَّبِيَّ
صلى الله عليه وسلم كَانَ يَخُصُّهُ بِصَلَاةٍ فَأَخْبَرَتْهُ عَائِشَةُ أَنَّ
فِعْلَهُ كَانَ فِي رَمَضَانَ وَغَيْرِهِ سَوَاءٌ وَفِي ذَلِكَ بَيَانُ أَنَّ
حُصُولَنَا عَلَى صَلَاةِ رَمَضَانَ لِمَا عُلِمَ مِنْ ضَعْفِنَا عَنْ إقَامَةِ
ذَلِكَ فِي جَمِيعِ الْعَامِ فَحَضَّنَا عَلَى أَفْضَلِ أَوْقَاتِ الْعَامِ
“Dan ia (Abu
Salamah) membatasi pertanyaan (salat malam) di bulan Ramadhan tiada lain sebab
ia melihat terdapat anjuran salat malam di Ramadhan, karena itu ia menduga
bahwa Nabi saw. mengkhususkannya dengan suatu salat. Maka Aisyah mengabarkan
kepadanya bahwa amal Nabi di Ramadhan dan di luar Ramadhan itu sama. Dan
dalam hal itu terdapat penjelasan bahwa kita hanya dapat mencapai salat di
bulan Ramadhan, karena telah diketahui kelemahan kita untuk melaksanakan salat
itu di semua tahun. Maka Nabi saw. mendorong kita kepada waktu yang paling
utama dalam satu tahun.” (Lihat, Al-Muntaqa Syarh al-Muwatha,
I:227)
Oleh
Tidak ada komentar