Manusia
bosan. Suatu ungkapan sindiran dari Rasulullah SAW kepada manusia yang memiliki
sifat bosan. Sedangkan Allah selamanya tidak akan pernah bosan hingga
manusialah yang bosan.
Sifat
bosan ini masuk dalam semua kategori, apakah itu kategori baik ataupun buruk.
Artinya, manusia akan masuk pada ranah bosan dalam berbuat kejahatan, begitupula
akan merasakan kebosanan dalam berbuat kebaikan.
Dengan
ungkapan ini, hanya modal semangat saja dalam berbuat kebaikan, itu pun tidak
cukup, sebab kala semangat hilang, maka berbuat kebaikanpun hilang, inilah
bentuk bosan yang akan menyelimuti manusia.
Adapun
maksud judul di atas adalah berkaitan dengan arti bosan yang berkaitan dengan manusia
sebagai makhluk dan arti bosan yang berkaitan dengan Allah SWT selaku khaliq.
Mungkinkah
Allah SWT Memiliki Sifat Bosan?
Imam Bukhori berkata :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا يَحْيَى، عَنْ هِشَامٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي أَبِي، عَنْ عَائِشَةَ، "أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ عَلَيْهَا وَعِنْدَهَا امْرَأَةٌ، قَالَ: مَنْ هَذِهِ؟ قَالَتْ: فُلَانَةُ تَذْكُرُ مِنْ صَلَاتِهَا، قَالَ: مَهْ عَلَيْكُمْ بِمَا تُطِيقُونَ، فَوَاللَّهِ لَا يَمَلُّ اللَّهُ حَتَّى تَمَلُّوا، وَكَانَ أَحَبَّ الدِّينِ إِلَيْهِ مَا دَامَ عَلَيْهِ صَاحِبُهُ "
Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa: Telah menceritakan kepada
kami Yahyaa, dari Hisyaam, ia berkata: Telah mengkhabarkan kepadaku ayahku,
dari ‘Aisyah: Bahwasannya Nabis SAW pernah masuk menemuinya yang waktu itu disebelahnya
ada seorang wanita. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapakah
ini?”. ‘Aaisyah berkata: “Fulaanah”. Lalu ia (‘Aaisyah) menyebutkan tentang
shalatnya (yang banyak dan lama). Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Ah,
wajib bagimu beramal sesuai dengan kemampuanmu. Demi Allah, Allah tidak akan
bosan hingga kalian bosan. Agama yang paling dicintai oleh Allah adalah yang
dirutinkan oleh pelakunya” (Shahiih Al-Bukhaariy no. 43)
Para
ulama berbeda pendapat dalam menafsirkan al-malal (bosan) dalam hadits
di atas.
Abu
Ishaaq Al-Harbiy rahimahullah berkata:
قولـه : لا يَمَلُّ الله حتى تملوا : أخبرنا سلمة عن الفراء ؛ يقال : مللت أمَلُّ : ضجرت، وقال أبو زيد : ملَّ يَمَلُّ ملالة، وأمللته إملالاً، فكأنَّ المعنى لا يملُّ من ثواب أعمالكم حتى تملُّوا من العمل
“Sabda
beliau SAW: ‘Allah tidak akan bosan hingga kalian bosan’. Telah mengkhabarkan
kepada kami Salamah, dari Al-Farraa’, dikatakan: Maliltu amallu, yaitu: Aku
bosan. Abu Zaid berkata: ‘malla yamallu malaalatan wa amlaltuhu imlaalan; maka
seakan-akan maknanya Allah tidak bosan memberikan pahala dari amal-amal kalian
hingga kalian bosan untuk beramal” (Ghariibul-Hadiits, 1/338)
Ibnu
‘Abdil-Barr berkata:
قوله: إن الله لا يمل حتى تملوا، معناه عند أهل العلم إن الله لا يمل من الثواب والعطاء على العمل حتى تملوا أنتم، ولا يسأم من أفضاله عليكم، إلا بسآمتكم عن العمل له
“Sabda
beliau SAW: ‘Sesungguhnya Allah tidak akan bosan hingga kalian bosan’; maknanya
menurut para ulama adalah bahwa Allah tidak akan bosan memberikan pahala dan
balasan terhadap amal hingga kalian bosan (untuk beramal). Allah tidak akan
jemu untuk mencurahkan kebaikan-Nya kepada kalian, kecuali dengan kebosanan
kalian untuk beramal untuk-Nya” (At-Tamhiid, 1/194)
Ad-Diinawariy
berkata:
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ، نَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُسْلِمِ بْنِ قُتَيْبَةَ، قَالَ: مَعْنَى قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ: " اكْلَفُوا مِنَ الْأَعْمَالِ مَا تُطِيقُونَ، فَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لا يَمَلُّ حَتَّى تَمَلُّوا ". وَتَأْوِيلُهُ أَنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لا يَمَلُّ إِذَا مَلِلْتُمْ، وَمِثَالُ هَذَا الْكَلامِ: قَوْلُكَ: هَذَا الْفَرَسُ لا يَفْتُرُ حَتَّى تَفْتُرَ الْخَيْلُ، يُرِيدُ أَنَّهُ لا يَفْتُرُ إِذَا فَتَرَتْ
Telah
menceritakan kepada kami Ahmad: Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullah bin
Muslim bin Qutaibah (Ibnu Qutaibah), ia berkata: “Makna sabda Nabi SAW:
‘Bebanilah diri kalian amal-amal yang sanggup kalian lakukan, karena Allah
‘azza wa jalla tidak akan bosan hingga kalian bosan’. Dan ta’wilnya adalah:
Bahwasannya Allah ‘azza wa jalla tidak merasa bosan apabila kalian bosan. Yang
semisal dengan perkataan ini adalah perkataanmu: ‘Kuda ini tidak akan lemah
hingga penunggangnya merasa lemah’; maksudnya kuda itu tidaklah akan lemah
apabila si penunggangnya lemah” (Al-Mujaalasah no. 1358)
Al-Haafidh Ibnu Hajar berkata:
قوله :
لا يمل الله حتى تملوا هو بفتح الميم في الموضعين، والملال استثقال الشيء ونفور النفس عنه بعد محبته، وهو محال على الله تعالى باتفاق. قال الإسماعيلي رحمه الله وجماعة من السلف المحققين : إنما أطلق هذا على جهة المقابلة اللفظية مجازا كما قال تعالى: وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا
“Sabda
beliau SAQ: ‘Sesungguhnya Allah tidak akan merasa bosan hingga kalian merasa
bosan’; dengan difathah huruf mimnya di dalam dua tempat. Bosan adalah merasa
berat atas sesuatu dan keengganan jiwa darinya setelah mencintainya. Sifat ini
mustahil bagi Allah ta’ala dengan kesepakatan ulama. Telah berkata
Al-Ismaa’iliy dan sekelompok ulama salaf muhaqqiqiin: ‘Sifat bosan ini hanyalah
dimutlakkan dalam segi perbandingan lafzhiyyah secara majaz, sebagaimana firman
Allah ta’ala: ‘Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa’ (QS
Asy-Syuuro: 40)” [Fathul-Bari, 1/102].
Berkaitan
dengan hal ini, Asy-Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin ditanya:
هل نستطيع أن نثبت صفة الملل والهرولة لله تعالى
“Bolehkah kita untuk menetapkan
sifat al-malal (bosan) dan al-harwalah (berlari-lari kecil) bagi Allah ta’ala?”.
Beliau rahimahullah menjawab:
جاء في الحديث عن النبي صلى الله عليه وسلم قولـه : ((فإنَّ الله لا يَمَلُّ حتى تملوا.
فمن العلماء من قال : إنَّ هذا دليل على إثبات الملل لله ، لكن؛ ملل الله ليس كملل المخلوق ؛ إذ إنَّ ملل المخلوق نقص؛ لأنه يدل على سأمه وضجره من هذا الشيء، أما ملل الله؛ فهو كمال وليس فيه نقص، ويجري هذا كسائر الصفات التي نثبتها لله على وجه الكمال وإن كانت في حق المخلوق ليست كمالاً.
ومن العلماء من يقول : إنَّ قولـه :لا يَمَلُّ حتى تملوا؛ يراد به بيان أنه مهما عملت من عمل؛ فإنَّ الله يجازيك عليه؛ فاعمل ما بدا لك؛ فإنَّ الله لا يمل من ثوابك حتى تمل من العمل، وعلى هذا، فيكون المراد بالملل لازم الملل.
ومنهم من قال : إنَّ هذا الحديث لا يدل على صفة الملل لله إطلاقاً؛ لأنَّ قول القائل : لا أقوم حتى تقوم؛ لا يستلزم قيام الثاني، وهذا أيضاً : لا يمل حتى تملوا؛ لا يستلزم ثبوت الملل لله عَزَّ وجَلَّ.
وعلى كل حال يجب علينا أن نعتقد أنَّ الله تعالى مُنَزَّه عن كل صفة نقص من الملل وغيره، وإذا ثبت أنَّ هذا الحديث دليل على الملل؛ فالمراد به ملل ليس كملل المخلوق.
“Terdapat dalam hadits Nabi saw, beliau bersabda : ‘Sesungguhnya
Allah tidak akan bosan hingga engkau bosan.
(Al-Bukhoriy
no. 43 & 1151 & 1970 & 5862, Muslim no. 782, Abu Daawud no. 1368,
An-Nasaa’iy no. 762, Ibnu Maajah no. 4238, dan yang lainnya)
Di
antara ulama ada yang berkata: Sesungguhnya hadits ini merupakan dalil
penetapan sifat al-malal (bosan) bagi Allah. Akan tetapi, sifat bosan
Allah tidaklah seperti sifat bosan makhluk. Sifat bosan makhluk adalah
kekurangan, karena hal itu menunjukkan kejemuan dan kebosanan akan sesuatu.
Adapun sifat bosan Allah adalah sempurna tanpa ada padanya kekurangan. Sifat
ini berjalan sebagaimana seluruh sifat-sifat yang kita tetapkan bagi Allah
dalam kesempurnaan; meskipun jika itu ada pada makhluk tidak menunjukkan
kesempurnaan.
Di
antara ulama ada yang berkata: Sesungguhnya sabda beliau SAW: ‘Allah tidak
akan bosan hingga engkau bosan’, yang dimaksudkan dengannya adalah
penjelasan bahwa apabila engkau melakukan suatu amalan, maka Allah akan
memberikan balasan pahala atasnya. Maka beramallah selama kalian mampu, karena
Allah tidak akan bosan untuk memberikan pahalanya, hingga engkau bosan untuk
beramal. Oleh karena itu, yang dimaksud dengan al-malal (bosan) adalah
kelaziman al-malal itu sendiri.
Di
antara ulama ada yang berkata: Sesungguhnya hadits ini tidak menunjukkan pada
sifat bosan bagi Allah secara mutlak. Hal itu sebagaimana perkataan: laa
aquumu hattaa taquumu (aku tidak akan berdiri hingga engkau berdiri) –
tidaklah melazimkan berdiri yang kedua (dari si pengucap perkataan). Begitu
juga dengan perkataan: Allah tidak bosan hingga engkau bosan’; tidaklah
melazimkan penetapan sifat bosan bagi Allah ‘azza wa jalla.
Dengan
demikian, wajib bagi kita untuk meyakini bahwasannya Allah ta’ala terhindar
dari setiap sifat kurang dari sifat bosan atau yang lainnya. Dan apabila telah
shahih bahwa hadits ini menunjukkan sifat bosan, maka maksud dari sifat bosan
itu, tidaklah seperti sifat bosannya makhluk” (Majmuu’ah Duruus wa Fataawaa
Al-Haram, 1/152)
Kesimpulan
dalam kalimat terakhir Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin inilah yang rajih
sesuai dengan zhahir hadits. Dan ini tidaklah bertentangan dengan penjelasan
yang dibawakan oleh Abu Ishaaq Al-Harbiy dan Ibnu ‘Abdil-Barr di atas, karena
itu merupakan penjelasan dan tafsiran zhahirnya. Yaitu, Allah ta'ala tidaklah
bosan memberikan pahala atas amal-amal manusia hingga mereka sendiri bosan
untuk beramal dan menghentikannya.
Wallaahu
a’lam.
Oleh
Abu
Quthbie Al-Isyariy
Tidak ada komentar:
Posting Komentar