Header Ads

  • NEWS UPDATE

    Pemaknaan Hadis Shalat Tarawih 4 Rakaat (Bagian I)

    Setiap kali memasuki bulan Ramadhan, tak terkecuali Ramadhan tahun ini, banyak pertanyaan yang disampaikan kepada kami baik dari jamaah online (OL) atau Facebooker maupun offline (di masjid dan majelis taklim). Pertanyaan itu pada umumnya dipacu oleh munculnya fatwa dari sebagian mubalig atau asatidz, baik “di darat” maupun “di udara” bahwa shalat tarawih 4+4 itu dilakukan dengan salam pada setiap 2 rakaat. Sehubungan dengan itu, makalah yang disajikan pada forum ini semoga dapat dijadikan bahan perbandingan:

    Redaksi & Takhrij Hadis Aisyah

    Ummul Mukminin Aisyah pernah ditanya oleh Abu Salamah bin Abdurahman:
    كَيْفَ كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى رَمَضَانَ، قَالَتْ مَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيدُ فِى رَمَضَانَ وَلاَ فِى غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى ثَلاَثاً، قَالَتْ عَائِشَةُ فَقُلْتُ يَارَسُولَ اللهِ، أَ تَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوتِرَ؟ قَالَ يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامُ وَلَمْ يَنَمْ قَلْبِي
     “Bagaimana salat Rasulullah saw. pada malam bulan Ramadhan ? Ia (Aisyah) menjawab, ’Tidaklah Rasulullah saw. menambah pada bulan Ramadhan, (juga) pada bulan yang lainnya, dari sebelas rakaat. Beliau salat empat rakaat, dan engkau jangan bertanya tentang baik dan panjangnya, beliau salat (lagi) empat rakaat, dan jangan (pula) engkau bertanya tentang baik dan panjangnya, kemudian beliau salat tiga rakaat. Aisyah berkata, ‘Aku bertanya wahai Rasulullah ! Apakah engkau tidur sebelum witir ? Beliau menjawab, ’Hai Aisyah, sesungguhnya kedua mataku tidur, tapi hatiku tidak tidur’.”

    Keterangan Abu Salamah bin Abdurahman di atas kita peroleh melalui jalur yang sama, yaitu Malik bin Anas. Ia menerima dari Sa’id bin Abu Sa’id al-Maqburi. Ia menerima dari Abu Salamah bin Abdurahman.

    Dari Malik, hadis itu diriwayatkan oleh 15 orang rawi:
    1.      Abdurrahman bin Mahdi (HR. An-Nasai, As-Sunan al-Kubra, I:165, No. 412; I:174, No. 453; Ahmad, Musnad Ahmad, VI:36, No. 24.119)
    2.      Ishaq bin Isa (HR. Ahmad, Musnad Ahmad, VI:73, No. 24.490)
    3.      Abu Salamah Manshur bin Salamah al-Khuza’I (HR. Ahmad, Musnad Ahmad, VI:104, No. 24.776)
    4.      Abdullah bin Yusuf (HR. Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari, I:248, No. 1147)
    5.      Ismail bin Abu Uwais (HR. Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari, I:417, No. 2013; Al-Baihaqi, As-Sunan al-Kubra, II:495, No. 4798 bersama rawi lain, yaitu Yahya bin Yahya)
    6.      Abdullah bin Maslamah al-Qa’nabi (HR. Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari, II:310, No. 3569; Abu Dawud, Sunan Abu Dawud, II:40, No. 1341; Al-Baihaqi, As-Sunan al-Kubra, VII:62, No. 13.164 bersama rawi lain, yaitu Yahya bin Yahya; Ibnu al-Mundzir, Al-Awsath, VIII:77, No. 2535)
    7.      Yahya bin Yahya (HR. Malik, al-Muwatha’, I:121, No. 263; Al-Baihaqi, As-Sunan al-Kubra, VII:62, No. 13.164 bersama rawi lain, yaitu Abdullah bin Maslamah al-Qa’nabi)
    8.      Ma’an bin Isa (HR. At-Tirmidzi, Sunan At-Tirmidzi, II:302, No. 439)
    9.      Abdurrahman bin al-Qasim (HR. An-Nasai, As-Sunan al-Kubra, I:160, No. 393, Sunan an-Nasai, III:234, No. 1697)
    10.   Qutaibah bin Sa’id (HR. An-Nasai, As-Sunan al-Kubra, I:160, No. 395, I:446, No. 1421)
    11.   Abdullah bin Wahab (HR. Ibnu Khuzaimah, Shahih Ibnu Khuzaimah, I:30, No. 49, II:192, No. 1166; Ath-Thahawi, Syarh Musykil al-Atsar, I:282; Abu ‘Awanah, Musnad Abu ‘Awanah, II:59, No. 2304, No. 3052)
    12.   Ahmad bin Abu Bakar (HR. Ibnu Hiban, Shahih Ibnu Hiban, VI:186, No. 2430)
    13.   Bisyr bin Umar az-Zahrani (HR. Ishaq bin Rahawaih, Musnad Ishaq bin Rahawaih, II:556, No. 1130)
    14.   Abdurrazaq (HR. Abdurrazaq, al-Mushannaf, III:38, No. 4711)
    15.   Abu Mus’ab (HR. Al-Baghawi, Syarh as-Sunnah, IV:4-5, No. 899)

    Keterangan Abu Salamah di atas diriwayatkan pula melalui jalur lain sebagai berikut:

    Pertama, riwayat Muslim dengan sanad Amr an-Naqid, Sufyan bin Sufyan, dari Abdullah bin Abu Labid, dari Abu Salamah.
    عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِى لَبِيدٍ سَمِعَ أَبَا سَلَمَةَ قَالَ أَتَيْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ أَىْ أُمَّهْ أَخْبِرِينِى عَنْ صَلاَةِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-. فَقَالَتْ كَانَتْ صَلاَتُهُ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ وَغَيْرِهِ ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً بِاللَّيْلِ مِنْهَا رَكْعَتَا الْفَجْرِ.
    Dari Abdullah bin Abu Labid, ia mendengar Abu Salamah berkata, “Saya mendatangi Aisyah, lalu saya berkata kepada Aisyah, ‘Ibu, kabarkanlah kepadaku mengenai salat Rasulullah saw.’ Aisyah berkata, ‘Salat beliau di waktu malam pada bulan Ramadhan dan selainnya sama tiga belas rakaat, termasuk di dalamnya dua rakaat fajar’." HR. Muslim, Shahih Muslim, I:510, No. 738

    Kedua, riwayat Ahmad dengan sanad Sufyan, dari Ibnu Abu Labid, dari Abu Salamah
    عَنْ أَبِي سَلَمَةَ قُلْتُ لِعَائِشَةَ أَيْ أُمَّتْ أَخْبِرِينِي عَنْ صَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ كَانَتْ صَلَاتُهُ فِي رَمَضَانَ وَغَيْرِهِ سَوَاءً ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِيهَا رَكْعَتَا الْفَجْرِ قُلْتُ فَأَخْبِرِينِي عَنْ صِيَامِهِ قَالَتْ كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ صَامَ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ أَفْطَرَ وَمَا رَأَيْتُهُ صَامَ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ فِي شَعْبَانَ كَانَ يَصُومُهُ إِلَّا قَلِيلًا
    Dari Abu Salamah, saya pernah berkata kepada Aisyah, "Ibu, kabarkanlah kepadaku mengenai salat Rasulullah saw." Aisyah berkata, "Salat beliau di bulan Ramadhan dan selainnya sama tiga belas rakaat, termasuk di dalamnya dua rakaat fajar." Lalu saya berkata, "Kabarkanlah kepadaku mengenai shaum beliau!" (Aisyah) berkata, "Beliau rajin bershaum hingga kami mengatakan seolah-olah beliau tidak pernah berbuka dan beliau juga rajin berbuka hingga kami katakan seolah-olah beliau tak pernah shaum. Saya tidak pernah melihat beliau shaum lebih sering pada suatu bulan dari pada shaumnya di bulan Syaban, beliau terus melakukan shaum di bulan itu kecuali sedikit hari saja yang tidak." HR. Ahmad, Musnad Ahmad, VI:39, No. 24.162

    Ketiga, riwayat Ibnu Khuzaimah dengan dua sanad (1) Abu Hasyim Ziyad bin Ayub, (2) Abdul Jabar bin al-‘Ala. Keduanya dari Sufyan, dari Ibnu Abu Labid, dari Abu Salamah.
    عَنِ ابْنِ أَبِي لَبِيدٍ سَمِعَ أَبَا سَلَمَةَ يَقُولُ : سَأَلْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ : أَيْ أُمَّهْ أَخْبِرِينِي عَنْ صَلاَةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِاللَّيْلِ  فَقَالَتْ : كَانَتْ صَلاَتُهُ بِاللَّيْلِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ وَفِيمَا سِوَى ذَلِكَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً
    Dari Ibnu Abu Labid, ia mendengar Abu Salamah berkata, “Saya pernah berkata kepada Aisyah, ‘Ibu, kabarkanlah kepadaku mengenai salat Rasulullah saw. Di waktu malam.’ Aisyah berkata, ‘Salat beliau di waktu malam, pada bulan Ramadhan dan selainnya tiga belas rakaat’.” HR. Ibnu Khuzaimah, Shahih Ibnu Khuzaimah, III:341, No. 2213

    Keempat, riwayat Abu Ya’la dengan sanad al-Abbas bin al-Walid an-Narsi, dari Sufyan bin Uyainah, dari Ibnu Abu Labid, dari Abu Salamah.
    عَنِ ابْنِ أَبِي لَبِيدٍ  سَمِعَ أَبَا سَلَمَةَ يَقُولُ : أَتَيْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ : أَيْ أُمَّهْ أَخْبِرِينِي عَنْ صَلاَةِ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم ، فَقَالَتْ : كَانَتْ صَلاَتُهُ بِاللَّيْلِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ وَفِيمَا سِوَى ذَلِكَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنْهَا رَكْعَتَا الْفَجْرِ قُلْتُ : أَخْبِرِينِي عَنْ صِيَامِهِ  قَالَتْ : كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ : قَدْ صَامَ  وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ : قَدْ أَفْطَرَ  وَلَمْ أَرَهُ صَامَ مِنْ شَهْرٍ قَطُّ أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ مِنْ شَعْبَانَ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ  كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ إِلاَّ قَلِيلاً.
    Dari Ibnu Abu Labid, ia mendengar Abu Salamah berkata, “Saya mendatangi Aisyah, lalu saya berkata, ‘Ibu, kabarkanlah kepadaku mengenai salat Rasulullah saw.’ Aisyah berkata, "Salat beliau di waktu malam, pada bulan Ramadhan dan selainnya tiga belas rakaat, termasuk di dalamnya dua rakaat fajar." Lalu saya berkata, "Kabarkanlah kepadaku mengenai shaum beliau!" (Aisyah) berkata, "Beliau rajin bershaum hingga kami mengatakan seolah-olah beliau tidak pernah berbuka dan beliau juga rajin berbuka hingga kami katakan seolah-olah beliau tak pernah shaum. Saya tidak pernah melihat beliau shaum lebih sering pada suatu bulan dari pada shaumnya di bulan Syaban, beliau terus melakukan shaum di bulan itu kecuali sedikit hari saja yang tidak." HR. Abu Ya’la,Musnad Abu Ya’la, VIII:273, No. 4860

    Keempat, riwayat Al-Humaidi dengan sanad Sufyan bin Uyainah, dari Ibnu Abu Labid, dari Abu Salamah. 
     ثنا عبد الله بن أبي لبيد وكان من عباد أهل المدينة قال سمعت أبا سلمة بن عبد الرحمن يقول دخلت على عائشة فقلت أي أمه أخبريني عن صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم بالليل وعن صيامه فقالت كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصوم حتى نقول قد صام ويفطر حتى نقول قد أفطر وما رأيته صائما في شهر قط أكثر من صيامه في شعبان كان يصومه كله بل كان يصومه إلا قليلا وكانت صلاته بالليل في رمضان وغيره ثلاث عشر ركعة منها ركعتي الفجر
    Dari Abdullah bin Abu Labid, dan ia termasuk ahli ibadah di antara penduduk Madinah, ia berkata, ‘Saya mendengar Abu Salamah bin Abdurrahman berkata, ‘Saya mendatangi Aisyah, lalu saya berkata kepada Aisyah, ‘Ibu, kabarkanlah kepadaku mengenai salat Rasulullah saw. Di waktu malam dan mengenai shaum beliau’ Aisyah berkata, ‘"Rasulullah saw. rajin bershaum hingga kami mengatakan seolah-olah beliau tidak pernah berbuka dan beliau juga rajin berbuka hingga kami katakan seolah-olah beliau tak pernah shaum. Saya tidak pernah melihat beliau shaum lebih sering pada suatu bulan dari pada shaumnya di bulan Syaban, beliau terus melakukan shaum di bulan itu kecuali sedikit hari saja yang tidak. Dan salat beliau di waktu malam pada bulan Ramadhan dan selainnya tiga belas rakaat, termasuk di dalamnya dua rakaat fajar’." HR. Al-Humaidi, Musnad Al-Humaidi, I:92, No. 173

    Dengan demikian, keterangan Abu Salamah di atas diriwayatka pula melalui jalur lain, yaitu Sufyan bin Uyainah, dari Abdullah bin Abu Labid, dari Abu Salamah

    Penjelasan Hadis:

    A. Rawi Abu Salamah bin Abdurahman bin Awf

    Para ulama berbeda pendapat tentang nama asli Abu Salamah. Sebagian berpendapat namanya Abdullah. Sedangkan menurut yang lain, namanya Ismail.

    Oleh para ulama Abu Salamah dikategorikan sebagai thabaqat tabi’in (generasi) wushtha, yaitu generasi para rawi setelah sahabat yang wafat pada tahun 90-an hingga 198 H. Ia dilahirkan pada tahun 20 H lebih dan wafat tahun 94 H. di Madinah pada masa kekhalifahan al-Walid, pada usia 92 tahun. Namun menurut al-Waqidi, ia wafat tahun 104 H, dalam usia 72 tahun. (Lihat, Siyar A’lam an-Nubala, IV:287-290)

    Abu Salamah termasuk salah seorang di antara tujuh ahli fiqih (al-fuqaha as-Sab’ah) di Madinah, bendaharawan hadis di kalangan tabiin. Ia banyak menerima hadis dari sejumlah tokoh sahabat, antara lain Aisyah.

    B. Matan Hadis

    Di dalam matan hadis itu disebutkan bahwa Abu Salamah bertanya kepada Aisyah. Kata tanya yang digunakannya adalah kaifa (bagaimana), sementara masalah yang ditanyakan adalah:
    كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى رَمَضَانَ
    “Salat Rasulullah saw. pada malam bulan Ramadhan”

    Dalam menjelaskan bentuk pertanyaan ini, Imam al-Baji berkata:
    قَوْلُهُ كَيْفَ كَانَتْ صَلَاةُ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فِي رَمَضَانَ يَحْتَمِلُ السُّؤَالُ عَنْ صِفَةِ صَلَاتِهِ وَهُوَ الْأَظْهَرُ مِنْ جِهَةِ اللَّفْظِ وَيَحْتَمِلُ أَنْ يَكُونَ ذَلِكَ سُؤَالًا عَنْ عِدَّةِ مَا يُصَلِّي مِنْ الرَّكَعَاتِ يَدُلُّ عَلَى ذَلِكَ جَوَابُ عَائِشَةَ مَا كَانَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً فَأَجَابَتْهُ بِالْعَدَدِ ثُمَّ أَتْبَعَتْ ذَلِكَ الصِّفَةَ عَلَى مَا يَأْتِي فِي الْحَدِيث وَقَدْ تَأْتِي كَيْفَ بِمَعْنَى كَمْ
    “Perkataannya (Abu Salamah): ‘bagaimana salat Rasulullah di bulan Ramadhan’ pertanyaan itu mengandung makna tentang sifat atau kaifiyat salat beliau, dan makna ini yang lebih jelas dilihat dari aspek lafal. Dan dapat pula mengandung makna tentang jumlah rakaat salat. Pemaknaan itu diperoleh dari jawaban Aisyah, ‘’Tidaklah Rasulullah saw. menambah pada bulan Ramadhan, (juga) pada bulan yang lainnya, dari sebelas rakaat.’ Makai a menjawabnya dengan jumlah. Selanjutnya ia menyertakan sifatnya sebagaimana diterangkan dalam hadis itu.  Dan terkadang kata kaifa bermakna pula kam (berapa).” (Lihat, Al-Muntaqa Syarh al-Muwatha, I:227)

    Adapun dalam menjelaskan maksud pertanyaan itu, Imam al-Baji berkata:
    وَإِنَّمَا قَصَرَ السُّؤَالَ عَلَى رَمَضَانَ لِمَا رَأَى مِنْ الْحَضِّ عَلَى صَلَاةِ رَمَضَانَ فَظُنَّ لِذَلِكَ أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَخُصُّهُ بِصَلَاةٍ فَأَخْبَرَتْهُ عَائِشَةُ أَنَّ فِعْلَهُ كَانَ فِي رَمَضَانَ وَغَيْرِهِ سَوَاءٌ وَفِي ذَلِكَ بَيَانُ أَنَّ حُصُولَنَا عَلَى صَلَاةِ رَمَضَانَ لِمَا عُلِمَ مِنْ ضَعْفِنَا عَنْ إقَامَةِ ذَلِكَ فِي جَمِيعِ الْعَامِ فَحَضَّنَا عَلَى أَفْضَلِ أَوْقَاتِ الْعَامِ
    “Dan ia (Abu Salamah) membatasi pertanyaan (salat malam) di bulan Ramadhan tiada lain sebab ia melihat terdapat anjuran salat malam di Ramadhan, karena itu ia menduga bahwa Nabi saw. mengkhususkannya dengan suatu salat. Maka Aisyah mengabarkan kepadanya bahwa amal Nabi di Ramadhan dan di luar Ramadhan itu sama.  Dan dalam hal itu terdapat penjelasan bahwa kita hanya dapat mencapai salat di bulan Ramadhan, karena telah diketahui kelemahan kita untuk melaksanakan salat itu di semua tahun. Maka Nabi saw. mendorong kita kepada waktu yang paling utama dalam satu tahun.” (Lihat, Al-Muntaqa Syarh al-Muwatha, I:227)












    Oleh



    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    trikblog.co.cc